RESENSI
BUKU
A. Identitas
Buku
Judul : Seri
Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif
Penulis :
1. H. A. Tabrani Rusyan
2.
Dr.Hj.Wiwin Winarni MM.Pd
3.
Asep Hermawan. S.Pd.,M.Pd
Penerbit : Deepublish
Tanggal Rilis : 10 Juli 2020
ISBN : 978-623-02-0767-9
Warna Buku : Gradasi Putih,Coklat dan Kuning
Foto Buku :
Pendidikan yang
Menginspirasi
Mewujudkan Kelas
yang Menggugah Minat Belajar Siswa
Alasan
Dhea memilih judul ini karna menurut Dhea, dalam era pendidikan modern peran
seorang guru bukan hanya sekadar menyampaikan materi, tetapi juga menginspirasi
siswa untuk menemukan minat dan motivasi dalam belajar. Kelas yang inspiratif
adalah kelas yang mampu menyentuh emosi siswa dan menggugah rasa ingin tahu
mereka. Judul ini akan membahas berbagai pendekatan yang dapat diterapkan oleh
guru untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, relevan, dan memotivasi
siswa.
A.
Sinopsis Buku
Buku Seri
Pembaharuan Pendidikan: Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif yang
ditulis oleh Tabrani Rusyan, Wiwin Winarni, dan Asep Hermawan, mengupas secara
mendalam konsep dan pendekatan inovatif dalam dunia pendidikan untuk menciptakan
ruang belajar yang lebih dinamis, partisipatif, dan inspiratif. Buku ini
bertujuan untuk membimbing para pendidik dalam menciptakan kelas yang tidak
hanya menuntut siswa untuk menerima informasi, tetapi juga mengajak mereka
untuk aktif terlibat dalam proses belajar dan menginspirasi mereka untuk terus
mengembangkan potensi diri.
Buku ini menyadari
bahwa pendidikan yang konvensional sering kali membuat siswa terjebak dalam
peran pasif, hanya mendengarkan guru tanpa ada kesempatan untuk berpikir kritis,
bertanya, atau berkolaborasi dengan teman sekelas. Oleh karena itu, penulis
mengusulkan agar pendidikan bertransformasi dengan membangun kelas yang aktif,
di mana siswa memiliki peran utama dalam kegiatan pembelajaran. Dalam kelas
aktif, siswa terlibat langsung dalam diskusi, pemecahan masalah, kerja
kelompok, serta eksplorasi kreatif yang memungkinkan mereka untuk memahami
materi secara lebih mendalam.
Di dalam buku ini,
para penulis menekankan pentingnya peran guru bukan hanya sebagai penyampai materi,
tetapi juga sebagai fasilitator yang dapat menginspirasi siswa untuk aktif
belajar dan berkembang. Guru diharapkan dapat menciptakan iklim belajar yang
menyenangkan dan penuh tantangan, yang tidak hanya berfokus pada pencapaian
akademis, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, kreativitas, dan
pemikiran kritis siswa. Selain itu, guru juga diajak untuk lebih memperhatikan
kebutuhan dan minat masing-masing siswa, dengan pendekatan yang lebih personal
dan mengarah pada pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered
learning).
Buku ini juga membahas pentingnya pemanfaatan teknologi dalam mendukung kelas yang aktif dan inspiratif. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, pembelajaran tidak lagi terbatas pada buku teks atau ceramah guru di depan kelas. Teknologi menawarkan berbagai alat dan media yang dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa, seperti aplikasi pembelajaran online, platform diskusi digital, serta media sosial yang bisa memperluas wawasan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.
Selanjutnya, buku
ini mengajak pendidik untuk berpikir lebih holistik dalam menilai hasil belajar
siswa. Penulis menekankan bahwa penilaian tidak hanya dapat didasarkan pada
ujian atau nilai angka semata, tetapi juga harus mencakup proses pembelajaran,
keterlibatan siswa, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis.
Secara
keseluruhan, buku ini memberikan panduan praktis dan teoritis bagi guru dan
pendidik dalam membangun kelas yang tidak hanya efektif dalam mengajarkan
pengetahuan, tetapi juga menginspirasi siswa untuk menjadi pembelajar seumur
hidup yang mampu menghadapi tantangan global. Dengan pendekatan yang berbasis
pada partisipasi aktif siswa, pemanfaatan teknologi, serta pengembangan
keterampilan abad 21 seperti komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas, buku ini
menawarkan solusi konkret untuk memperbaharui sistem pendidikan dan membentuk
kelas yang tidak hanya mengajarkan, tetapi juga menginspirasi.
B.
Kelebihan
Buku
Buku ini menawarkan pendekatan yang
inovatif terhadap pendidikan dengan fokus pada pembaharuan kelas menjadi lebih
aktif dan inspiratif. Ini sangat relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan saat
ini yang memerlukan perubahan agar lebih dinamis dan sesuai dengan perkembangan
zaman. Buku ini menekankan pentingnya penilaian yang tidak hanya berfokus pada
ujian, tetapi juga melibatkan penilaian berbasis proses, keterlibatan siswa,
dan kreativitas. Ini membantu guru untuk melihat perkembangan siswa secara
lebih menyeluruh, bukan hanya melalui angka-angka, Buku ini sangat penting untuk
perkembangan siswa di dunia yang semakin kompleks dan berubah cepat.
C.
Kekurangan
Buku
Buku ini cenderung memberikan pendekatan
yang universal, namun tidak terlalu membahas secara mendalam tentang bagaimana
menerapkan konsep-konsep ini di berbagai tingkatan kelas atau konteks
pendidikan (misalnya di sekolah dasar, menengah, atau pendidikan tinggi).
D.
Kesimpulan
Buku Seri Pembaharuan Pendidikan: Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif memiliki banyak kelebihan dalam memberikan panduan untuk menciptakan ruang belajar yang lebih aktif, kreatif, dan berfokus pada siswa. Namun, tantangan utama terletak pada bagaimana menerapkan konsep-konsep yang dibahas dalam buku ini di lapangan, mengingat keterbatasan waktu, sumber daya, dan keadaan yang beragam di setiap sekolah. Meski demikian, buku ini tetap merupakan sumber yang sangat berharga bagi para pendidik yang ingin membawa perubahan positif dalam cara mereka mengajar dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih menginspirasi bagi siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar