Sabtu, 28 Desember 2024

Resensi Buku

 

RESENSI BUKU 

A.    Identitas Buku

Judul             :    Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif Dan Inspiratif

Penulis           :    1. H. A. Tabrani Rusyan

                          2. Dr.Hj.Wiwin Winarni MM.Pd

                          3. Asep Hermawan. S.Pd.,M.Pd          

Penerbit         :    Deepublish

Tanggal Rilis  :    10 Juli 2020

ISBN             :    978-623-02-0767-9

Warna Buku   :    Gradasi Putih,Coklat dan Kuning

Foto Buku      :   




Pendidikan yang Menginspirasi

Mewujudkan Kelas yang Menggugah Minat Belajar Siswa 

Alasan Dhea memilih judul ini karna menurut Dhea, dalam era pendidikan modern peran seorang guru bukan hanya sekadar menyampaikan materi, tetapi juga menginspirasi siswa untuk menemukan minat dan motivasi dalam belajar. Kelas yang inspiratif adalah kelas yang mampu menyentuh emosi siswa dan menggugah rasa ingin tahu mereka. Judul ini akan membahas berbagai pendekatan yang dapat diterapkan oleh guru untuk menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, relevan, dan memotivasi siswa.

A.    Sinopsis Buku

Buku Seri Pembaharuan Pendidikan: Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif yang ditulis oleh Tabrani Rusyan, Wiwin Winarni, dan Asep Hermawan, mengupas secara mendalam konsep dan pendekatan inovatif dalam dunia pendidikan untuk menciptakan ruang belajar yang lebih dinamis, partisipatif, dan inspiratif. Buku ini bertujuan untuk membimbing para pendidik dalam menciptakan kelas yang tidak hanya menuntut siswa untuk menerima informasi, tetapi juga mengajak mereka untuk aktif terlibat dalam proses belajar dan menginspirasi mereka untuk terus mengembangkan potensi diri.

Buku ini menyadari bahwa pendidikan yang konvensional sering kali membuat siswa terjebak dalam peran pasif, hanya mendengarkan guru tanpa ada kesempatan untuk berpikir kritis, bertanya, atau berkolaborasi dengan teman sekelas. Oleh karena itu, penulis mengusulkan agar pendidikan bertransformasi dengan membangun kelas yang aktif, di mana siswa memiliki peran utama dalam kegiatan pembelajaran. Dalam kelas aktif, siswa terlibat langsung dalam diskusi, pemecahan masalah, kerja kelompok, serta eksplorasi kreatif yang memungkinkan mereka untuk memahami materi secara lebih mendalam.

Di dalam buku ini, para penulis menekankan pentingnya peran guru bukan hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator yang dapat menginspirasi siswa untuk aktif belajar dan berkembang. Guru diharapkan dapat menciptakan iklim belajar yang menyenangkan dan penuh tantangan, yang tidak hanya berfokus pada pencapaian akademis, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, kreativitas, dan pemikiran kritis siswa. Selain itu, guru juga diajak untuk lebih memperhatikan kebutuhan dan minat masing-masing siswa, dengan pendekatan yang lebih personal dan mengarah pada pembelajaran yang berpusat pada siswa (student-centered learning).

Buku ini juga membahas pentingnya pemanfaatan teknologi dalam mendukung kelas yang aktif dan inspiratif. Dengan kemajuan teknologi yang pesat, pembelajaran tidak lagi terbatas pada buku teks atau ceramah guru di depan kelas. Teknologi menawarkan berbagai alat dan media yang dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa, seperti aplikasi pembelajaran online, platform diskusi digital, serta media sosial yang bisa memperluas wawasan dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Selanjutnya, buku ini mengajak pendidik untuk berpikir lebih holistik dalam menilai hasil belajar siswa. Penulis menekankan bahwa penilaian tidak hanya dapat didasarkan pada ujian atau nilai angka semata, tetapi juga harus mencakup proses pembelajaran, keterlibatan siswa, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis.

Secara keseluruhan, buku ini memberikan panduan praktis dan teoritis bagi guru dan pendidik dalam membangun kelas yang tidak hanya efektif dalam mengajarkan pengetahuan, tetapi juga menginspirasi siswa untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang mampu menghadapi tantangan global. Dengan pendekatan yang berbasis pada partisipasi aktif siswa, pemanfaatan teknologi, serta pengembangan keterampilan abad 21 seperti komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas, buku ini menawarkan solusi konkret untuk memperbaharui sistem pendidikan dan membentuk kelas yang tidak hanya mengajarkan, tetapi juga menginspirasi.

 

B.    Kelebihan Buku

Buku ini menawarkan pendekatan yang inovatif terhadap pendidikan dengan fokus pada pembaharuan kelas menjadi lebih aktif dan inspiratif. Ini sangat relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan saat ini yang memerlukan perubahan agar lebih dinamis dan sesuai dengan perkembangan zaman. Buku ini menekankan pentingnya penilaian yang tidak hanya berfokus pada ujian, tetapi juga melibatkan penilaian berbasis proses, keterlibatan siswa, dan kreativitas. Ini membantu guru untuk melihat perkembangan siswa secara lebih menyeluruh, bukan hanya melalui angka-angka, Buku ini sangat penting untuk perkembangan siswa di dunia yang semakin kompleks dan berubah cepat.

 

C.    Kekurangan Buku

Buku ini cenderung memberikan pendekatan yang universal, namun tidak terlalu membahas secara mendalam tentang bagaimana menerapkan konsep-konsep ini di berbagai tingkatan kelas atau konteks pendidikan (misalnya di sekolah dasar, menengah, atau pendidikan tinggi).

 

D.    Kesimpulan

Buku Seri Pembaharuan Pendidikan: Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif memiliki banyak kelebihan dalam memberikan panduan untuk menciptakan ruang belajar yang lebih aktif, kreatif, dan berfokus pada siswa. Namun, tantangan utama terletak pada bagaimana menerapkan konsep-konsep yang dibahas dalam buku ini di lapangan, mengingat keterbatasan waktu, sumber daya, dan keadaan yang beragam di setiap sekolah. Meski demikian, buku ini tetap merupakan sumber yang sangat berharga bagi para pendidik yang ingin membawa perubahan positif dalam cara mereka mengajar dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih menginspirasi bagi siswa.


Biodata Penulis

Nama      : Dhea Cahya Cyntia
TTL        : Dumai,17 Juli 2005
Fakultas  : Tarbiyyah
Prodi       : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kampus  : Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOAL UAS KOMUNIKASI : AYAT AL-QUR’AN ATAU HADIST YANG BERKAITAN DENGAN KOMUNIKASI

AYAT AL-QUR’AN ATAU HADIST YANG BERKAITAN DENGAN KOMUNIKASI     Dalam ajaran Islam, berbicara bukan hanya sekedar menyampaikan pesan...